Wisata Religi

Taman Doa Lembata

Taman doa Lembata atau yang diberi nama Taman Doa Watomiten adalah salah satu dari wisata yang indah di Lembata yang mengarah ke Wisata Religius. Yayasan Kasih Peduli Lembata yang menjadi penggerak adanya Taman Doa ini. Taman doa letaknya di Desa Bour, Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tujuan utama membuat Taman Doa adalah untuk menarik wisatawan, bukan hanya domestik maupun manca negara.
Perjalanan dari Pusat Kota Lembata/Lewoleba ke Taman Doa sekitar 1-2 jam perjalanan, jalanannya cukup baik dan mulus. sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan khas NTT berupa bukit dan padang serta pantai yang indah.


Sebanyak 14 etape yang dibangun, menceritakan awalnya Yesus dijatuhi hukuman mati dibawah pemerintahan Pontius Pilatus, Yesus memanggul salibnya, lalu terjatuh untuk pertama kali, Yesus berjumpa dengan ibunya, Simon dari Kirene menolong Yesus, Veronika mengusap wajah Yesus dan terjatuh kedua kalinya, wanita Yerusalem meratapi Yesus dan terjatuh ketiga kalinya, Yesus dipaku dikayu salib hingga wafat disalib, dan saat dimakamkan. Tiap etape kita lalui sambil menanjak ke puncak gunung. hingga puncak terdapat patung Bunda Maria memberkati yang tingginya  Sekitar 7 meter.

Perjalanan dimulai dari bawah kaki gunung, pada saat masuk kedalam jalur etape berupa tangga yang sudah disemenisasi. Kita akan merasakan nuansa hijau sejuk yang membuat tubuh segar, di depan terdap etape pertama. Awalnya kita yang berkunjung merasa sedikit terkejut dengan bentuk patung yang sungguh detail, warna patung yang menarik dan terkesan nyata. beberapa anak tangga kami lewati terdapat etape ke 2 yang terus membuat terpana. Semakin naik ke puncak, udara semakin sejuk, angin semakin kencang dan lihat saja kearah laut itu membuat kita tercengang, keindahan punggung bukit dan gunung ile boleng diseberang. keindahan sepanjang bibir pantai, lautan luas yang memukau, wow ini indah sangat mempesona. Kita terpikat oleh indahnya patung takjubnya alam Lembata dan Adonara diseberang sana. Ini perjalanan iman yang membuat hati dan jiwa serta raga menjadi sejuk dan damai.

Untuk sampai di Lembata terdapat beberapa pilihan jalur yang dpapt dipilih yaitu jalur darat dan jalur udara. Jalur Udara bisa menggunakan pesawat dari Bandar Udara El tari Kupang ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan jurusan bandara Lembata yaitu Bandar Udara Wonopito. Jadi, jika ingin ke Lembata lewat udara, maka jalur Kupang-Lembata adalah satu-satunya jalur udara yang langsung menuju ke Lembata. NTT adalah provinsi kepulauan oleh sebab itu banyak sekali Kapal dan Kapal Motor yang beroperasi. Dari Kupang kita bisa naik Kapal Pelni atau Kapal Feri yang tentu saja sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. selain lewat Kupang, kita juga bisa lewat Larantuka. jadwal kapal motor dan Kapal cepat Larantuka - Lembata beroperasi tiap hari. harganya juga ekonomis.
Untuk Sampai di Larantuka tentu saja dengan Pesawat dari Kupang denga tujuan Larantuka,
Sesampainya di Lembata, kita bisa menyewa mobil atau motor seharian untuk pergi ke Taman Doa Lembata dan menikmati keindahan alam sekitarnya yang pastinya membuat anda terpukau. 






Comments

Popular posts from this blog

Padang Savana Lamanabi

Kota Ambon

Bahasa Daerah/Bahasa Inggris