Pantai indah di Flores

Pantai Kawaliwu

Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan pulau yang banyak, menciptakan banyak sekali tempat indah dari bawah laut hingga puncak gunung. Salah satu pulau yang menarik yaitu pulau Flores, Kabupaten Flores Timur merupakan salah satu Kabupaten yang berada di pulau Flores. Kabupaten Flores Timur pada dasarnya memiliki pantai yang indah dan punya keunikan tersendiri. Karena berada dipinggiran laut maka Kabupaten Flores Timur memiliki banyak pantai yang indah dan eksotis. Pantai Kawaliwu adalah salah satunya, berada sekitar 35 menit dari Kota Kabupaten Larantuka atau sekitar 17 Kilometer jaraknya. Bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau juga dengan kendaraan roda dua. Kondisi jalan terbilang mulus, hanya saja pada jalan cabang menuju pantainya, kondisi jalan hancur sekitar 200 meter hingga ke pantai Kawaliwu.

Sebuah pantai yang berada di Kecamatan Lewolema yang menghampar di Teluk Hading, diantara Desa Kawaliwu dan Kecamatan Lewolema, memiliki pesona dan keunikannya tersendiri. Pantai Kawaliwu cukup terkenal dikalangan anak muda dan masyarakat Flores Timur, tidak hanya itu tim My Tryp My Adventure pernah meliput tentang pantai ini. Sepanjang pantai terhampar batu-batu hitam berukuran besar hingga kerikil. Apakah teman-teman ingin mandi air panas tepat dibibir pantai sambil menikmati sunset? Pantai Kawaliwu menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan keinginan tersebut. Keunikan dari pantai ini yang menjadi incaran para wisatawan.
Simak kedua penjelasan lebih jelas mengenai 2 kelebihan Pantai Kawaliwu dibawah ini


Air Panas

Air Panas yang bersumber dari Gunung Ile Mandiri. Gunung ini yang seharusnya adalah gunung berapi yang masih aktif namun sudah sejak lama tidak lagi menunjukkan aktivitas Vulkaniknya. Meski tidak aktif lagi, Gunung Ile Mandiri terus menerus mengeluarkan panas dari perut bumi dan dikeluarkan melalui air yang mengalir ke arah pantai.
Jika kebanyakan sumber mata air mucul dipermukaan tanah atau berupa sumber mata air panas mengalir atau juga berbentuk kolam renang. Berbeda dengan air panas di Kawaliwu sumber air panas disini tersimpan dibawah kerikil-kerikil. jadi, jika ingin merasakan dan mandi air panas, maka kita harus menggali kerikil dan membuat kolam sendiri. Air panas lama kelamaan akan banyak dan bisa mandi sepuasnya. Banyak kolam-kolam kecil yang dibuat oleh pengunjung sebelumnya. Mandi bersama-sama dengan teman ataupun keluarga bisa menjadi pengalaman yang luarbiasa. Jika kita bosan mandi air panas, kita bisa mandi air laut atau sebaliknya. Sambil menunggu sunset

Sunset 

Sunset di Pantai Kawaliwu adalah salah satu sunset terbaik. Banyak orang datang hanya untuk melihat sunset di Pantai Kawaliwu yang terkenal eksotis. Wisatawan manca negara juga sering ke Pantai Kawaliwu, sekedar menyapa mereka atau bercerita sambil menunggu sunset bisa jadi pilihan terbaik. Sekitar pukul 5-6 sore merupakan waktu terbaik menyaksikan sunset.
Memandang ke arah laut lepas yang membentang luas, disananlah matahari terbenam, jika cuaca tidak berawan, kita bisa menyaksikan bulatan matahari menurun perlahan seakan ditelan lautan. langit berubah menjadi orange kemerahan air laut menjadi biru tosca. pemandangan yang indah apabila kita bisa mengambil sudut potret yang menarik seperti dari balik rerumputan ataupun dari balik pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai. selain itu, jika air surut kita bisa melihat masyarakt lokal sedang meyuluh (mencari ikan ataupun siput dipinggir pantai), ini bisa menjadi sebuha foto yang luarbiasa. Suatu pemandangan di Desa terpencil yang berkelas dunia.

Sayangnya, belum ada pembangunan ataupun fasilitas yang disediakan. jadi, para pengunjung hanya bisa duduk diatas batu-batu atau mencari tempat yang nyaman. Selain itu pohon disekitar air panas sangat sedikit. Datanglah sekitar 1 atau 2 jam sebelum matahari tenggelam agar tidak menunggu lama dibawah sinar matahari. Selain itu, karena tidak ada tempat menjual makanan ringan ataupun minuman. maka, pastikan teman-teman membawa bekal masing-masing.

Inilah keindahan Pantai Kawaliwu, dengan membaca dan melihat foto-foto semoga bisa memberikan bayangan betapa indahnya Pantai Kawaliwu ini. Suatu keajaiban yang terlukis nyata didepan mata. Jika teman-teman berkesempatan mengunjungi Flores Timur, jangan lupa meluangkan waktu untuk mengunjungi pantai indah ini. Teman-teman tidak hanya membawa cerita yang seru, foto yang luarbiasa tetapi juga pengalaman yang menakjubkan.

Ayo Ke Flores, Ayo ke NTT








Comments

Popular posts from this blog

Padang Savana Lamanabi

Kota Ambon

Bahasa Daerah/Bahasa Inggris