Agroforestry Tradisional

Pola Pengelolaan Agroforestri Tradisional (Dusung) Dalam Upaya Pelestarian Sumberdaya Hutan Di Desa Ujir Kecamatan Pulau-Pulau Aru 
Kabupaten Kepulauan Aru

Penulis, Ibrahim Baubessy



Agroforestri merupakan sistem penggunaan lahan yang bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan hasil total secara lestari dengan cara mengkombinasikan tanaman pangan atau pakan ternak dengan tanaman pohon pada sebidang lahan yang sama baik secara bersamaan atau bergantian dengan menggunkan praktek-praktek pengelolaan yang sesuai dengan kondisi ekologi, ekonomi dan social-budaya setempat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan dusung dalam upaya pelestarian sumberdaya hutan dan mengetahui hubungan antara sistem pegelolaan dusung dalam upaya pelestarian sumberdaya hutan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penarikan contoh secara acak sederhana dimana jumlah sampel atau responden yang diambil sebesar 10 % dar 302 kepala keluarga. Untuk mengetahui keterkaitan  antara variabel-variabel digunakan analisis statistik kai kuadrat pada selang kepercayaan 95 %.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas umur turut mempengaruhi aktifitas masyarakat dalam pengelolaan dan pelestarian sumberdaya hutan, dimana kelas umur 15-29 tahun yang lebih banyak memanfaatkan hasil hutan jika dibandingkan dengan responden pada kelas umur 30-60 tahun ke atas.

Tulisan ini sebagai syarat untuk mendapat gelar sarjana pada Universitas Pattimura, Ambon.

Comments

Popular posts from this blog

Padang Savana Lamanabi

Kota Ambon

Bahasa Daerah/Bahasa Inggris