Cara Mudah Ke Kelimutu

Kelimutu

Kelimutu merupakan tempat wisata favorit Nusa Tenggara Timur, yang berada di Pulau Flores, Tepatnya di Kabupaten Ende. Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan "mutu" yang berarti mendidij. Terdapat 3 danau besar yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo dan Ata Mbupu. Warna dari Tiga danau tersebut sering berubah-ubah dengan waktu yang tidak bisa diprediksi. Wisatawan yang berkunjung ke Kelimutu lebih banyak Wisatawan dari Luar Negeri.  Untuk sampai ke Kelimutu tidaklah sulit karena pada tiap Kabupaten terdapat bandara. Bandara yang paling dekat dengan Kelimutu yaitu  Bandar Udara H. Hasan Aroeboesman di Kota Ende. Dari Kota Ende kita bisa menyewa motor, mobil atau bisa juga dengan bus. sebagai catatan, bus banyak tersedia di pagi hari. 
Perjalanan dari Kote Ende ke Kelimutu hanya sekitar 2-3 Jam kearah timur. Untuk biaya, bervariasa dari moda transportasi yang digunakan. Jika melakukan travelling sendirian atau berdua, lebih baiknya menggunakan motor sewaan, agar lebih nyaman dan bisa beristirahat kapan saja atau sekedar mampir untuk berfoto dan membeli sesuatu. Jika berkelompok lebih baiknya menggunakan mobil sewaan atau bus sewaan. 

untuk tracking kita tidak membutuhkan alat khusus mendaki atau sepatu khusus, karena jalur tracking adalah jalan sudah disemenisasi jadi, walaupun hanya menggunakana sendal, tidak menjadi masalah. Ada 2 spot untuk melihat danau kelimutu, spot pertama tidak terlalu jauh dari tempat parkiran sekitar 15-20 menit tracking. kita hanya bisa melihat dua danau dari spot ini yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo. sedangkan, spot kedua untuk melihat danau kelimutu berada pada puncak Kelimutu. Pada puncak Kelimutu terdapat tugu berwarna putih setinggi 2 meter, dari situ kita bisa melihat 3 danau kelimutu secara jelas. 

Waktu terbaik untuk menikmati indahnya kelimutu yaitu pada pukul 06.00,. karena kita bisa menyaksikan matahari terbit dari puncak kelimutu. Tentu saja pada jam seperti itu walaupun masih gelap, namun banyak orang bersemangat menunggu sang fajar menyingsing. Jika ingin menikmati sunrise di puncak kelimutu kita membutuhkan kesiapan yang cukup banyak untuk melindungi diri dari dinginnya udara dan kencangnya angin di puncak kelimutu. Hal yang perlu disiapkan yaitu sepatu yang tertutup karena jika tidak pasti kaki anda sangat kedinginan, jangan lupa sarung tangan, jaket yang tebal, syal, dan topi klupuk untuk menutup kepala dan telinga. 

Dalam perjalanan tracking ke puncak kelimutu, banyak hal menarik yang bisa kita dapati disana, ada hutan pinus yang terbentang luas dilereng bukit, monyet-monyet yang berkeliaran diatas pohon pinus. tumbuhan perdu dan semak yang unik, entahlan apa namanya, cocok dijadikan latar untuk berfotoria, dipinggir jalan dan dipuncak kelimutu warga lokal menjual aneka makanan dan minuman antara lain, pop mie, kopi, strawberry dan berbagai macam bentuk dan motif tenun khas NTT. 

Ada 2 cara terbaik untuk sampai di Danau Kelimutu

1. Melakukan trip pulang-pergi Ende-Kelimutu

Perjalanan dimulai dari Kota Ende dan langsung ke Taman Nasiona Kelimutu. Setelah tiba di tempat parkiran, kita bisa langsung tracking ke puncak Kelimutu. Pastikan bahwa kita sudah mempersiapkan kendaraan untuk pergi dan pulang ke Ende. 

2. Menginap di Desa Moni 

Desa Moni merupakan desa yang terletak paling dekat dengan puncak Kelimutu. Tidak perlu kuatir mengenai penginapan dan makan selama nginap di Desa Moni, karena semuanya sudah tersedia disana. tersedia hotel, lodge dan penginapan serta restoran yang bisa disesuaikan dengan budget kita. Teman-teman tidak usah bingung dan takut tersesat,.. intinya disini adalah percaya diri, berjalan seperti pernah datang sebelumnya. so, tentukan waktu yang tepat, siapakan budget dan tentunya fisik untuk menikmati indahnya Kelimutu, danau 3 warna.

Ayo ke Kelimutu, Ayo ke Flores



Matahari terbit dari Puncak Kelimutu





Comments

  1. Coretan yg "warrrbiasa",,
    Very interesting..
    Kelimutu, tunggu sy !!! 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,.. thx kka,.. Kelimutu sellu menunggu,. smga bisa berjumpa :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Padang Savana Lamanabi

Kota Ambon

Bahasa Daerah/Bahasa Inggris